TIPS PERJALANAN DENGAN BELAJAR FOTOGRAFI - NOB TRAVELLER

TIPS PERJALANAN DENGAN BELAJAR FOTOGRAFI

By Eka Prastya - Juli 10, 2019


eka prastya
sunrise di Gunung lawu (Xiomi redmi 4)

"Perjalanan dan fotografi adalah dua hal yang rasanya sangat sulit sekali di pisahkan"
Salah satu list barang bawaan yang harus di bawa ketika melakukan perjalanan adalah kamera. Banyak sekali jenis kamera yang beredar. Semuanya mempunyai spesifikasi dan fungsi yang hampir sama yakni merekam moment ke dalam sebuah foto.
Berwisata atau melakukan perjalanan, mengunjungi tempat-tempat yang baru kita lihat, baik itu merupakan pemandangan yang eksotik, arsitektur bangunan yang unik, atau mungkin adat istiadat dan budaya seperti tari-tarian tradisional yang sudah barang tentu menjadi suatu keharusan untuk diabadikan dalam sebuah foto.
Sejatinya travelling adalah sebuah perjalanan untuk menemukan sesuatu yang baru. Dari kisah yang baru itulah kita membutuhkan mengabadikan momen dengan tepat. Bukan seberapa mahal gear atau kamera yang kalian miliki tapi seberapa tepat kalian mampu mengabadikan momen dengan waktu yang pas.
Foto travel sejatinya tidak hanya merekam objek-objek yang di temui selama perjalanan dengan begitu saja. Sebuah foto yang baik adalah membawa pelihatnya masuk dan ikut merasakan apa yang sang fotografer lihat ketika sedang memotret, bahkan terkadang sebuah foto juga bisa lebih mendramatisir dari suasana aslinya.
Aku bukan lah sosok fotografer travelling yang pro dalam hal mengambil gambar dengan menggunakan kamera. Setidaknya dengan pengalaman yang sedikit aku punya aku bisa memberikan tips dan trick melakukan perjalanan yang tidak ribet dalam membawa gear tapi juga tidak melupakan esensi dalam hal mengabadikan momen
Ranukumbolo (Xiomi Yi M1 mirrolesscamera)
Banyak jenis foto yang bisa diambil dengan hal landscape maupun dengan potret tergantung jenis objek yang diabadikan. Dijaman modern saat ini banyak jenis kamera yang mempermudah penggunanya. Kalau aku si lebih suka kamera mirroless dalam hal travelling disamping kamera ini kecil, kualitas nya baik juga support dalam hal transfer gambar jadi tidak perlu memindahkan foto di laptop terlebih dahulu, selain itu juga template template yang mendukung si pengguna dalam menyesuaikan gambar dengan keadaan objek yang diambil  
Ada 3 Fungsi penting dalan travel fotografi.
1. Documenting your journey.
Penanjakan Gunung Bromo (Canon Eos 1100D)
Dalam fungsi ini travel fotografi berfungsi untuk mendokumentasikan perjalanan kita.

2. Documenting your story
Pendakian Gunung Semeru (Canon Eos 1100D Lensa Fix Youngnou)
Sebuah foto yang dihasilkan dalam perjalanan akan bisa menceritakan kembali kejadian atau cerita apa yang terjadi selama perjalanan.
3. Documenting your self
Bukit selong, LOMBOK (Xiomi redmi 4x)

Dari semua Fungsi menurut saya ini yang terpenting ha ha ha. Dokumentasikan foto diri anda dalam sebuah foto perjalanan, seperti ketika berada di suatu tempat yang akan sangat sulit sekali untuk kembali ke tempat tersebut, nah keberadaan foto diri sangatlah berharga.

 Berikut beberapa tips yang mungkin bisa di ikuti ketika mempersiapkan sebuah foto perjalanan.
 1. Persiapan yang baik
Lakukan segala hal persiapan yang nantinya akan di butuhkan dalam melakukan pemotretan selama perjalanan. Usahakan membawakan barang sesuai dengan kebutuhan yang akan dipakai dalam perjalanan. Barang bawaan juga harus di batasi tapi tidak mengurangi kegunaan seperti membawa powerbank, kabeldata, dan alat pendukung lainnya. Berhubung gear yang aku pakai adalah kamera mirroless jadi bisa support ke powerbank jadi gak usa repot repot jika kehabisan battrai jika tidak membawa batterai cadangan
2. Traveling bukan hanya motret alam.
Satu hal ini yang selalu saya ingat ketika sedang melakukan perjalanan. Dengan melakukan perjalanan sudah barang tentu kita akan bertemu dengan segala hal.
3. Bawalah peralatan yang ringkas.
Travel fotografi berbeda dengan pemotretan yang sudah kita rancang sebelumnya. Ketika melakukan perjalanan kita tidak tau apa yang akan terjadi di perjalanan nantinya. Tentu akan sangat merepotkan kita kita harus membawa banyak sekali peralatan fotofrafi. Aku saranin memakai kamera yang ringkas seperti kamera saya meki kamera ini bukan untuk kelas fotograher yang pro setidaknya bisa mendukung kegiatan travelling outdoor kalian yang bermodal minim sekali lagi gear bukan hal utama tetapi bagaimana kamu bisa mengabadikan momen itu dengan tepat. Oh iya guys aku disini menggunakan mirroless Yi M1 meski kamera ini terbaru dari produk yi tapi kamera ini memiliki kemampuan dan sensor yang sangat baik
4. Perkaya wawasan 
Perkaya wawasan kita dengan melihat foto-foto indah tentang daerah yang menjadi tujuan kita. Banyak sekali foto-foto bagus yang beredar di internet. Dengan melihat hasil foto yang baik, kita juga pasti akan terinspirasi dengan sendiri nya.
5. Bawalah Tripod
Mungkin bagi sebagian orang keberadaan tripod akan terlihat merepotkan, tapi melihat banyaknya fungsi dari barang ini saya selalu membawanya ketika sedang melakukan perjalanan. Seperti ketika kita bertemu dengan kondisi yang minim sekali cahaya, atau merekam keindahan matahari terbit dan terbenam, bahkan ketika melakukan ultra zoom pada lensa super zoom tentu keberadaan tripod sangat dibutuhkan. So buat saya TRIPOD is a must for travel Photo, terlebih saat ini saya sedang menggandrungi merekam perjalanan dalam sebuah video.
air terjun kapas biru (Xiomi Yi M1 mirrolesscamera)
 Sebuah foto yang bagus itu asik, tapi akan lebih asik lagi ketika sebuah foto itu bisa bercerita. Selain tehnik dasar foto, kedisiplinan dan ketelitian juga sangat diperlukan. Tidak lucu kan mau berangkat hunting tapi baterai belum di charge atau kelupaan membawa memory card. Jadi persiapkan lah semuanya sebelum beranjak ke tempat tidur, sehingga keesokan harinya ketika hendak memotret sunrise tidak grasak grusuk mempersiapkan segala hal.
“OH Iya Pesan Buat Kalian Gear Atau Jenis Kamera Dan Semahal Apapun Kamera Kalian Bukan Menjadi Patokan Utama Dalam Hal Pengambilan Gambar Tapi Yang Terbaik Itu Bagaimana Cara Kalian Untuk Mengabadikan Momen Dengan Pas Meski Dengan Skill Biasa Pasti Akan Terlihat Keren…… Kuncinya Jangan Malas Mencoba”
and Enjoy your Trip.


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus