MENDAKI GUNUNG KELUD VIA TULUNGREJO GANDUSARI BLITAR - NOB TRAVELLER

MENDAKI GUNUNG KELUD VIA TULUNGREJO GANDUSARI BLITAR

By Eka Prastya - April 21, 2018

saya akan berbagi pengalaman mendaki gunung kelud (1731 Mdpl). gunung kelud sendiri berada di perbatasan kediri dan blitar. Gunung ini terkenal karena objek wisata yang dapat kalian akses via desa sugiwaras, kecamatan ngancar, kabupaten blitar. Tetapi dalam pembahasan saya kali ini saya akan membahas tentang jalur pendakian jalur tulung rejo. Setelah pasca letusan gunung kelud beberapa tahun terakhir ini pendakian gunung sangat populer karena memiliki view ala alah gunung raung dan rinjani gitu hehehe. Saya berangkat dari malang pukul 7 malam pada hari jumat malam saya mengambil jalur kepanjen-wlingi-gandusari. kenapa saya memilih lewat jalur selatan?????dikarenakan lebih cepat dan jalur yang dilewati memiliki jalan yang lumayan mulus dari pada kita lewat jalur selorejo yang memiliki jalur yang berlubang dan sangat parah rusak nya. Perjalanan dari malang menuju BC gandusari sekitar 2,5 jam. saya tiba di BC pukul 10 malam. Sebelum kita memulai pendakian kita diharuskan ijin dan melakukan registasi ke BC. untuk biaya registasi itu sekitar 25K. perlu saya garis bawahi kenapa harga tiket mahal karena digabung dengan ojek. karena jarak dari BC ke pintu pendakian lumayan jauh sekitar 2 km lah lumayan bikin kaki gempor jadi disaranin ngojek itung itung buat penghasilan warga setempat. untuk tiket masuk saya kita hanya perlu bayar 15k (update 13 april 2018) ini naik 5k dari tahun kemarin waktu saya kesana hanya 10k mungkin naik dikarenakan terdapat tambahan fasilitas safety seperti tali webbing dan adanya pos 2 yang uda dibangun di jalur pendakian. 

suasana basecamp gunung kelud via tulung rejo

kopi pahit ala basecamp via tulung rejo



Pintu Gerbang – Pos 1
Kami tiba dipintu gerbang, pak ojek juga sudah meninggalkan kami. sebelum mengawali pendakian tak lupa kami awali dengan doa bersama agar selamat dalam pendakian kali ini. oke lets rock….Dari pintu gerbang menuju pos 1 normalnya memerlukan waktu sekitar 1 jam. Pertama kita berjalan agak turun kemudian cukup landai melintasi hutan pinus.
IMG_20170806_170153_HDR (Medium)
Setelah melewati hutan pinus kita akan memasuki hutan biasa dengan semak-semak dan rumput yang masih agak menutupi jalan. Kita berjalan melintasi lerengan atau punggungan bukit yang masih terdapat banyak pohon bambu  

Pos 1 – Pos 2

Setelah pos 1, treknya masih tetap cenderung biasa-biasa saja dan diselingi dengan bonus jalanan datar. Tetapi disini kami menemui beberapa tanjakan yang cukup menguras tenaga. Vegetasi hutan pun semakin lebat dan cenderung lembab.
Dari Pos 1 menuju Pos 2 normalnya memerlukan waktu sekitar 30 menit. sekarang pos 2 uda dibangun dijalur pendakian dan cukup nyaman untuk istirahat.  Dengan jalur yang semakin naik. Dari pos ini kita akan naik kemudian belok kiri terus melintasi hutan yang cukup rapat dan tertutup. Seperti hutan lumut yang selalu basah.
Kalau pas musim hujan katanya terdapat banyak sekali pacet.
Setelah berjalan cukup lama melintasi hutan dengan pohon-pohon besar seperti pohon bendo. Kita akan menemukan plakat di pos yang baru dibangun dengan tulisan Pos 2. 

Pos 2 – Pos 3

Dari Pos 2 juga tidak memerlukan waktu begitu lama untuk menuju Pos 3. Juga hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menitan saja dengan jalur masih hutan yang rindang dan tidak begitu menanjak. Kami sesekali beristirahat untuk sekedar ambil nafas atau minum serta tak lupa kami ngobrol 

Setelah itu kita akan naik sedikit dan menemukan banyak ilalang atau rumput-rumput yang cukup tinggi. nah dari situ kita sudah mulai keluar dari hutan dan sampai di tempat yang terbuka. Nah sampailah kita di Pos 3.

Pos 3 ini terletak di punggungan bukit dengan medan terbuka, jika siang & Cuaca cerah kita bisa melihat pemandangan Gunung Butak di sisi Timur, Gunung Arjuno- Welirang disisi Utara dan Puncak Gunung Kelud sendiri di sisi barat.

Jam tangan menunjukan pukul 01.30 WIB dinihari, artinya kita menghabiskan waktu hampir 3 jam sejauh ini. mungkin karena weekend dipos 3 ini lumayan banyak pendaki yang sudah menggelar tenda, kami mencari tempat lapang untuk mendirikan tenda.
suasana camp ground pos 3

suasana camp ground pos 3


sunrise pos 3


POS 3 - PUNCAK
saya summit kurang lebih pukul set 6 pagi dari pos 3 menuju puncak kurang lebih 1 jam di dalam perjalanan kita akan melewati jalur pasir, bebatuan yang sangat terjal. salah satu jalur yang menarik yaitu jalur punggung naga yang yang keren view nya agak sedikit serem kiri kanan nya jurang
jalur punggung naga

jalur punggung naga menuju puncak
jalur punggung naga view dari puncak

perjalanan ke puncak

rock climbing menuju puncak sebenarnya si  gak kayak gini proses nya cuma dibuat alay aja hehehehe





view punggung naga dari puncak

view jalur menuju kawah



rock climbing menuju kawah tapi tenang saja sekarang sudah ada tali webbing nya jadi aman


setelah sampai dipuncak lelah kalian akan terbayar tuntas dengan view dan pemandangan kawah gunung kelud yang sangat menarik dan keren alah ala gunung raung dan gunung rinjani




Buat kalian yang ingin mendaki gunung kelud aku saranin buat mencari cuaca yang cerah dan persiapkan fisik kalian. Jangan lupa buat bawa turun sampah kalian jangan sampai kalian mengotori keindahan alam ini dengan kelakuan kanak kanak kalian.
tunggu ulasan saya selanjutnya
kalau kalian suka dengan artikel saya jangan lupa follow dan buat kalian yang ingin artikel saya lebih baik jangan lupa di komen dan beri saran agar menjadi lebih baik lagi 
salam lestari.............. 



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar